Website Kecamatan Sidikalang dihadirkan untuk memperkenalkan dan memberi informasi kepada masyarakat luas tentang Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi

Selain itu sebagai sarana pemerintah untuk memberitakan kegiatan pemerintahan dan sebagai sarana untuk menerima masukan dan pertanyaan dari masyarakat. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati !

Selasa, 22 November 2011

Visi dan Misi Kecamatan Sidikalang


VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN,
STRATEGI DAN KEBIJAKAN KECAMATAN SIDIKALANG

A.    Visi
Dengan memperhatikan Tugas Pokok dan Fungsi yang dimiliki serta kondisi dan proyeksi yang diinginkan ke depan, maka visi Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi, adalah :


“MASYARAKAT KECAMATAN SIDIKALANG YANG PARTISIPATIF UNTUK MEWUJUDKAN KECAMATAN YANG BERSIH, INDAH, AMAN DAN TERTIB DENGAN DUKUNGAN APARATUR  DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PRIMA.”
 
 





Pernyataan visi diatas dimaksudkan untuk menjadikan Kecamatan Sidikalang sebagai kecamatan yang bersih, indah aman dan tertib dan lembaga yang profesional dalam merespon aspirasi masyarakat dengan tetap memperhatikan peraturan perundangan yang berlaku dalam memberikan pelayanan  yang akuntabel dan partisipatif dan berusaha untuk memberdayakan masyarakat dalam membantu pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan.

B.     Misi
Misi adalah sesuatu yang harus diemban atau dilaksanakan oleh organisasi Pemerintah sesuai visi yang ditetapkan agar tujuan dapat terlaksana dan berhasil dengan baik.
Untuk mendukung perwujudan visi, maka misi yang akan dijalankan oleh Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi adalah :
1.      Menjadikan Kecamatan Sidikalang menjadi Kecamatan Percontohan dalam bidang kebersihan
2.      Meningkatkan SDM aparatur Kecamatan, Kelurahan dan Desa;
3.      Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan hak dan kewajibannya.
4.      Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pelayanan pemerintahan
           
C.    Tujuan
Adapun bentuk tujuan yang akan dicapai sebagai wujud dari berjalannya misi guna mewujudkan visi, adalah sebagai berikut :
Misi 1 : Menjadikan Kecamatan Sidikalang menjadi Kecamatan percontohan dalam bidang kebersihan
Tujuan :
1.      Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan
2.      Meningkatkan pelaksanaan gotong royong di Kelurahan dan Desa
3.      Meningkatnya peran lembaga masyarakat yang ada di Desa/Kelurahan.

Misi 2 : Meningkatkan SDM Aparatur Kecamatan, Kelurahan dan Desa
Tujuan :
1.      Meningkatkan pelaksanaan pelatihan bagi aparatur Kecamatan, Kelurahan dan Desa
2.      Meningkatkan kualitas SDM pelayanan publik.

Misi 3 : Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan hak dan  kewajibannya
Tujuan :
1.      Meningkatkan kerjasama dengan instansi terkait bidang pelayanan.
2.      Meningkatkan pembinaan dan sosialisasi kepada masyarakat Desa dan Kelurahan.
3.      Meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan

Misi 4 : Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pelayanan pemerintahan.
Tujuan :
1.      Meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
2.      Meningkatkan kenyamanan aparatur dalam bekerja.

D.    Sasaran
Sasaran adalah penjabaran dari tujuan secara terukur yaitu sesuatu yang akan dicapai atau dihasilkan secara nyata oleh instansi pemerintah dalam jangka waktu tahunan, semesteran, triwulan dan bulanan. Adapun sasaran yang ingin dicapai Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi sesuai dengan tujuan adalah sebagai berikut :
Tujuan 1 : Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan
Sasaran :
1.      Meningkatnya kebersihan lingkungan di Kecamatan Sidikalang.

Tujuan 2   : Meningkatkan pelaksanaan gotong royong di Kelurahan dan Desa
Sasaran     : Meningkatnya gotong royong di Kelurahan dan Desa

Tujuan 3   : Meningkatkan peran lembaga masyarakat yang ada di Desa/Kelurahan
Sasaran     : Meningkatnya koordinasi dengan lembaga masyarakat desa/kelurahan

Tujuan 4   : Meningkatkan pelaksanaan pelatihan bagi aparatur Kecamatan, Kelurahan dan Desa
Sasaran     : Terwujudnya SDM yang berkualitas.

Tujuan 5   : Meningkatkan kualitas SDM pelayanan publik.
Sasaran     : Meningkatnya SDM aparatur dalam memberikan pelayanan publik

Tujuan 6   : Meningkatkan kerjasama dengan instansi terkait bidang pelayanan.
Sasaran     : Meningkatnya koordinasi yang baik antara kecamatan, Kelurahan, Desa dan unit teknis lainnya yang ada di Kecamatan.

Tujuan 7   : Meningkatkan pembinaan dan sosialisasi kepada masyarakat Kelurahan dan Desa
Sasaran     : Meningkatnya program pembinaan dan sosialisasi

Tujuan 8   : Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan
Sasaran     : Meningkatnya swadaya masyarakat dalam pembangunan

Tujuan 9 : Meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Sasaran :
1.       Meningkatnya mutu pelayanan.
2.      Terlaksananya pelayanan yang cepat dan tepat

Tujuan 10             : Meningkatkan kenyamanan aparatur dalam bekerja.
Sasaran     : Meningkatnya disiplin waktu aparatur dalam bekerja.


E.     Strategi
Berdasarkan hasil analisis terhadap faktor-faktor lingkungan strategis yang dihadapi, maka strategi yang ditetapkan guna mewujudkan tujuan melalui pencapaian beberapa sasaran yang telah ditetapkan, adalah sebagai berikut :
Misi 1 : Menjadikan Kecamatan Sidikalang menjadi Kecamatan Percontohan di bidang kebersihan dan administrasi;
Strategi yang akan diterapkan guna mencapai misi ini adalah :
1.      Peningkatan kualitas aparatur Desa dan Kelurahan
2.      Peningkatan disiplin dan etos kerja aparatur
3.      Peningkatan tertib administrasi desa dan kelurahan
4.      Meningkatkan kerjasama dengan anak perantau yang berasal dari Desa dan Kelurahan untuk berpartisipasi dalam membangun Desa.

Misi 2 : Meningkatkan SDM aparatur Kecamatan, Kelurahan dan Desa;
Strategi yang akan diterapkan guna mencapai misi ini adalah :
1.      Penyediaan dana untuk pelatihan bagi aparatur
2.      Peningkatan pembinaan aparatur desa dan kelurahan.

Misi 3 : Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan hak dan kewajibannya.
Strategi yang akan diterapkan guna mencapai misi ini adalah :
1.      Peningkatan sosialiasi tentang hak dan kewajiban masyarakat desa dan kelurahan
2.      Peningkatan prosedur pelayanan;
3.      Penyampaian laporan tepat waktu

Misi 4 : Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pelayanan pemerintahan
Strategi yang akan diterapkan guna mencapai misi ini adalah :
1.     Peningkatan koordinasi dengan instansi terkait dengan pembangunan
2.     Peningkatan pemberdayaan masyarakat dalam Musrenbang.

F.     KEBIJAKAN
Kebijakan adalah pedoman pelaksanaan tindakan – tindakan tertentu. Penentuan kebijakan dapat mempertajam arti strategis dan menjadi pedoman bagi keputusan – keputusan dalam suatu arah yang mendukung strategi. Kebijakan dalam mencapai tujuan dan sasaran harus ditetapkan oleh Pimpinan. Kebijakan yang diambil oleh Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi adalah sebagai berikut :
Misi 1 : Menjadikan Kecamatan Sidikalang menjadi Kecamatan Percontohan di bidang kebersihan dan Administrasi;
Kebijakan Strategi yang digunakan adalah :
1.    Memberikan motivasi kepada masyarakat kelurahan dan desa;
2.    Memberikan pembinaan kepada aparatur kelurahan dan desa;
3.    Mengembangkan standar dan mekanisme pelayanan prima;

Misi 2 : Meningkatkan SDM aparatur Kecamatan, Kelurahan dan Desa;
Kebijakan Strategi yang digunakan adalah :
1.      Memberikan kesempatan kepada aparatur mengikuti pendidikan dan latihan;
2.    Menegakkan disiplin secara konsisten dan konsekuen;
3.    Meningkatkan kesejahteraan aparatur;

Misi 3 : Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melaksanakan hak dan kewajibannya.
Kebijakan Strategi yang digunakan adalah :
1.      Meningkatkan sosialisasi tentang hak dan kewajiban masyarakat kelurahan dan desa;
2.      Meningkatkan prosedur pelayanan;
3.      Meningkatkan penegakan aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Misi 4 : Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pelayanan pemerintahan
Kebijakan Strategi yang digunakan adalah :
1.      Meningkatkan pemahaman perencanaan pembangunan dengan instansi pelaksana;
2.      Meningkatkan pelaksanaan monitoring pembangunan sarana dan prasarana;
3.      Meningkatkan pendataan sarana dan prasarana pelayanan pemerintahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar